top of page

Mengenal Fungsi Leap Motion untuk Interactive Video Mapping


Kira-kira apa saja peralatan yang digunakan untuk video mapping agar bisa menjadi lebih interaktif? Nah, leap motion adalah salah satunya. Teknologi ini pertama kali dikembangkan pada tahun 2008 oleh David Holz.


Pada dasarnya, hardware ini merupakan hardware yang digunakan untuk mengontrol suatu software dan sering kali hanya digunakan untuk bermain game. Namun, kini leap motion sudah bisa dimanfaatkan dalam berbagai hal, termasuk menjadi pendukung video instalasi interaktif. Yuk, pahami lebih lanjut tentang apa itu leap motion dalam artikel di bawah ini.


Apa itu Leap Motion?


Leap Motion adalah perangkat input komputer yang menggunakan sensor gerak tangan untuk memungkinkan pengguna mengontrol perangkat lunak dan permainan tanpa sentuhan fisik.


Leap Motion mampu mendeteksi gerakan tangan, jari, dan pergelangan tangan dengan presisi tinggi, memungkinkan interaksi yang lebih alami dalam ruang virtual. Jadi, dengan menggunakan leap motion, kamu bisa mengendalikan power point atau games tanpa menyentuh hardware.




Kegunaan Leap Motion untuk Interactive Video Mapping


Selain digunakan sebagai controller untuk software berbasis game, sebenarnya ada kegunaan lain dari teknologi yang satu ini, salah satunya menjadi pendukung visual mapping yang interaktif. Mengingat bahwa leap motion ini berbasis sensor, maka kita bisa mengontrol visual yang ada di video mapping.


Nah, salah satu software pembuatan video mapping yang bisa menggunakan leap motion adalah madmapper. Dengan adanya leap motion, kamu bisa parameter yang ada di madmapper melalui sensor gerakan tangan, contohnya opacity, scale, atau effect lainnya.


Selain madmapper, leap motion juga bisa digunakan sebagai input controller dalam software touchdesigner. Kegunaannya hampir sama dengan madmapper, namun bisa dibilang lebih advance. Pasalnya, melalui aplikasi tersebut, kita bisa membuat user atau pengunjung berinteraksi dengan video mapping.



Kekurangan Leap Motion sebagai Controller




Meski memberikan berbagai manfaat, namun leap motion juga memiliki beberapa kekurangan yang perlu dipertimbangkan. Salah satu kekurangannya adalah leap motion hanya bisa membaca sensor tangan dan jari saja, jadi tidak bisa mendeteksi orang dari jarak jauh. Selain itu, area tracking-nya juga kecil. Meski begitu, buat kamu yang ingin belajar dunia sensor, maka teknologi ini bisa kamu manfaatkan.



Yuk, Buat Interactive Video Mapping Bersama LZY!


Kehadiran teknologi leap motion mendukung pembuatan video mapping menjadi lebih interaktif. Leap motion sendiri merupakan salah satu hardware yang digunakan oleh tim LZY untuk membuat interactive video mapping yang menghadirkan pengalaman unik bagi orang lain.


So, kalau kamu ingin membuat interactive video mapping untuk meningkatkan pengalaman orang-orang yang mengunjungi acaramu, tidak perlu bingung, serahkan saja desain hingga instalasi video mapping kamu kepada tim LZY Visual.


Melalui berbagai karya mengesankan yang sudah dihasilkan, LZY telah dipercaya oleh berbagai pihak sebagai jasa instalasi video mapping untuk berbagai acara. Kini, giliran kamu untuk membuat pengalaman berharga bagi tamu berharga yang hadir di acaramu melalui interactive video mapping bersama LZY.


So, tunggu apa lagi? Yuk, wujudkan pengalaman mengesankan di acara kamu dengan menghubungi LZY melalui Whatsapp atau Instagram @lzyvisual sekarang juga. We design with light and technology!


40 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Comments


bottom of page