top of page

Apa itu Immersive Experience? Pengertian, Contoh, dan Manfaat



Selain video mapping, tahukah kamu bahwa immersive experience adalah salah satu cara efektif untuk menarik hati pelanggan sekaligus meningkatkan interaksi audiens?


Yup, immersive experience dapat menciptakan suatu lingkungan digital yang menghadirkan pengalaman memukau sehingga bisa membuat audiens merasa seolah-olah benar-benar ada di dalamnya.


Untuk mengetahui lebih lanjut, yuk simak pembahasan seputar apa itu immersive experience selengkapnya dalam artikel berikut ini!


Apa Itu Immersive Experience?


Project LZY bersama HALUU World


Immersive experience adalah pengalaman digital yang memungkinkan pengguna merasa sepenuhnya terlibat dalam lingkungan maya yang diciptakan oleh teknologi. Teknologi ini bisa berupa virtual reality (VR), augmented reality (AR), atau media digital lainnya.


Dalam immersive experience, pengguna tidak hanya berinteraksi secara pasif dengan layar, melainkan merasa seolah-olah benar-benar ada di dalam dunia virtual tersebut.


Misalnya, dalam VR, pengguna dapat memakai headset khusus dan merasa seperti mereka telah "terserap" ke dalam suatu permainan atau simulasi yang disuguhkan. Bahkan, mereka dapat bergerak, berkomunikasi, dan merasakan sensasi yang mirip dengan dunia nyata.


Kemudian, dalam AR, objek-objek digital akan diproyeksikan ke dunia nyata melalui perangkat seperti kamera smartphone, sehingga dapat menciptakan pengalaman yang meleburkan batas antara dunia nyata dan digital.


5 Contoh Immersive Experience

Terdapat beberapa contoh immersive experience yang bisa kamu temukan, antara lain yaitu:


1. Augmented Reality (AR)


Augmented Reality (AR) adalah teknologi yang menambahkan lapisan informasi digital pada dunia nyata. Contohnya adalah aplikasi mobile seperti Pokemon GO.

Dalam permainan Pokemon GO, pemain akan menggunakan ponsel mereka untuk melihat monster digital yang tampaknya berada di lokasi fisik di sekitar mereka.


2. Virtual Reality (VR)



Salah satu contoh paling terkenal dari immersive experience adalah teknologi VR. Dalam VR, pengguna mengenakan headset khusus yang menghadirkannya ke dalam dunia virtual.


Adapun contoh penggunaan VR adalah permainan video yang memungkinkan pemain untuk menjelajahi dunia fantasi, tur virtual di lokasi eksotis, atau bahkan pelatihan medis yang memungkinkan dokter muda berlatih operasi tanpa pasien nyata.


3. Mixed Reality (MR)



Mixed Reality (MR) adalah pengembangan dari AR yang menggabungkan elemen-elemen VR. MR sering kali memasukkan objek virtual sepenuhnya ke dalam dunia nyata, sehingga dapat menciptakan pengalaman yang lebih mendalam daripada AR.

Adapun salah satu contoh MR adalah aplikasi Immersive dari TIME yang menggabungkan dunia virtual dan dunia nyata dengan objek-objek di rumah pengguna untuk menciptakan pengalaman unik.


4. Digital Twins



Digital twins adalah model virtual yang menciptakan model virtual yang presisi dari objek, proses, atau sistem dalam dunia nyata. Biasanya, digital twins digunakan dalam berbagai bidang, seperti manufaktur dan rekayasa, untuk mensimulasikan dan memahami perilaku objek fisik sebelum membuatnya.

Sebagai contoh, NASA menggunakan digital twins untuk memantau dan mengoptimalkan satelit di ruang angkasa.


5. 360º Content


360º content adalah foto atau video yang memungkinkanmu untuk mengeksplorasi lingkungan sekitar. Umumnya, foto dan video 360º akan diambil dalam semua arah secara bersamaan sehingga memungkinkan pengguna untuk memutar sudut pandang saat mereka menontonnya.


Contohnya adalah seperti Expedia yang menciptakan serangkaian video tentang destinasi wisata yang memungkinkan penonton merasakan seperti benar-benar berada di lokasi tersebut.


Manfaat Immersive Experience


Lebih dari sekadar inovasi digital, penggunaan immersive experience sebetulnya bisa mendatangkan sejumlah manfaat. Dapat dikatakan, immersive experience adalah faktor kunci dalam membangun hubungan yang kuat antara perusahaan dan pelanggan.


Dengan memberikan pengalaman mendalam, perusahaan dapat menciptakan hubungan emosional dengan pelanggan, yang pada akhirnya dapat meningkatkan loyalitas dan kepuasan mereka.


Penggunaan immersive experience juga memungkinkan perusahaan untuk membedakan diri dari pesaing, karena pemberian pengalaman yang mendalam sering kali sulit untuk disaingi.


Selain itu, immersive experience juga dapat meningkatkan retensi pelanggan, mengurangi churn, dan meningkatkan pendapatan perusahaan secara keseluruhan.


Ciptakan Immersive Experience Impianmu bersama LZY!


Immersive Room Petualangan Sherina 2 by LZY
Immersive Room Petualangan Sherina 2 by LZY

Demikian penjelasan seputar digital penggunaan immersive experience, sebuah inovasi teknologi yang ternyata dapat mendatangkan banyak manfaat, baik bagi pengguna maupun perusahaan.


Jika perusahaanmu, atau mungkin kamu sedang berencana untuk menciptakan immersive experience tapi masih bingung, yuk langsung konsultasikan dengan LZY Visual! Melalui berbagai karya visual sebelumnya, LZY telah dipercaya oleh berbagai perusahaan untuk menciptakan immersive installation yang mengesankan.


Apapun ide dan konsepmu, tim LZY siap bantu wujudkan semuanya! Jadi, tunggu apa lagi? Yuk hubungi tim LZY Visual melalui WhatsApp dan ciptakan immersive experience tak terlupakan bersama LZY. We design with light and technology!



141 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Comentarios


bottom of page