top of page

5+ Cara Membuat Motion Graphic pada Video Mapping, Catat!


Pernahkah kalian bertanya-tanya bagaimana cara membuat motion graphic pada video mapping? Video mapping adalah salah satu teknik yang paling menarik dalam dunia seni visual. Teknik ini memungkinkan kita untuk mengubah bangunan dan objek fisik menjadi layar proyeksi raksasa yang memancarkan karya seni yang dinamis dan memukau.


Seiring berjalannya waktu, penggunaan motion graphic dalam video mapping telah berkembang menjadi sebuah teknik yang semakin populer dalam menciptakan pengalaman visual yang mengagumkan. Motion graphic sendiri adalah seni menggabungkan elemen grafis dan pergerakan untuk menciptakan efek visual yang menarik.


Dalam workshop "Motion in Mapping" di acara RupaFest DKV ITS 2023 yang dibawakan oleh tim LZY Visual pada bulan September lalu, kita dapat memahami bagaimana motion graphic digunakan dalam proyek video mapping dan langkah-langkah untuk menciptakannya.


Nah, buat kamu yang belum berkesempatan untuk mengikuti workshop tersebut, jangan khawatir! Artikel berikut akan membahas lebih lanjut seputar cara membuat motion graphic pada video mapping. So, stay tuned!


Cara Membuat Motion Graphic pada Video Mapping


Secara garis besar, berikut adalah beberapa cara membuat motion graphic pada video mapping yang dapat digunakan untuk meningkatkan pengalaman visual pengunjung:


1. Buat Perencanaan yang Matang


Motion Design Project Plan Template & Example Milanote
Motion Design Project Plan Template & Example Milanote

Langkah pertama dalam menciptakan motion graphic adalah merencanakan dengan cermat. Dalam hal ini, pahami tujuan proyek, target audiens, dan pesan yang ingin kamu sampaikan.


Dengan merancang konsep utama yang matang, seiring berjalannya waktu, kamu juga akan mendapatkan berbagai inspirasi yang mendukung. Soal ini, kamu tidak perlu terlalu khawatir mengingat inspirasi bisa datang dari mana saja.


2. Pahami Prinsip-prinsip Desain


4 Basic Design Principles
Prinsip Dasar Desain

Pemahaman prinsip-prinsip desain, seperti komposisi, harmoni warna, dan penggunaan elemen grafis, sangat penting dalam menciptakan motion graphic yang efektif. Sebab, pada dasarnya, motion design menggabungkan gerakan dan unsur grafis.


Oleh karenanya, dalam proyek video mapping, pemahaman yang kuat tentang prinsip-prinsip desain akan membantumu untuk menciptakan visual yang menarik dan efektif.


3. Gunakan Animasi yang Berkualitas



Berikutnya, animasi adalah elemen penting dalam motion graphic. Pasalnya, animasi dapat dimanfaatkan untuk menceritakan kisah dan menyampaikan informasi.


Sebagai catatan, animasi yang baik adalah animasi yang memadukan elemen dari desain grafis dan gerakan menggunakan vector seeds. Jangan salah, hal tersebut merupakan langkah penting untuk menciptakan visual yang menarik dan kuat dalam video mapping, lho.


4. Memahami Motion Design


12 Rules of Animation yang dikembangkan oleh Disney
12 Rules of Animation yang dikembangkan oleh Disney

Selama workshop berlangsung, tim LZY menggarisbawahi pentingnya pemahaman terhadap motion design. Lebih lanjut, tim LZY juga menyebutkan 12 prinsip animasi yang dikembangkan oleh Disney, yang dapat menjadi pedoman penting dalam menciptakan motion graphic yang efektif.


Selain itu, cara membuat motion graphic pada video mapping juga memerlukan pemahaman yang kuat pada timing, gerakan kamera, desain pergerakan, berat, dan lain sebagainya.


5. Jangan Takut Eksplorasi dan Eksperimen


Aset Motion LZY bernama "Dasa Muka" - Finalist 1-minute Japan International Video Mapping
Aset Motion LZY bernama "Dasa Muka" - Finalist 1-minute Japan International Video Mapping

Eksplorasi dan eksperimen juga termasuk salah satu cara membuat motion graphic pada video mapping yang penting untuk dilakukan. Oleh karenanya, jangan takut untuk mencoba hal baru dan membuat penyesuaian sesuai kebutuhan untuk mencapai hasil yang diinginkan.


Dalam workshop ini, tim LZY juga menyarankan penggunaan teknik-teknik baru dalam motion graphic untuk mengoptimalkan visualisasi dalam animasi 3D.


6. Perhatikan Sentuhan Akhir



Setelah semuanya hampir selesai, pastikan untuk selalu memperhatikan sentuhan akhir dalam proyek video mapping yang telah dibuat. Dalam hal ini, kamu bisa menambahkan berbagai efek visual, seperti bayangan, efek bercahaya, dan perubahan warna untuk meningkatkan kesan visual.


Lebih lanjut, tim LZY juga menekankan pentingnya memilih gaya visual yang sesuai dan membangun visual yang kuat untuk menciptakan sentuhan akhir yang mengagumkan.


Ciptakan Video Mapping Mengesankan Bersama LZY Visual!


Demikian penjelasan seputar cara membuat motion graphic pada video mapping yang sebelumnya telah disampaikan oleh tim LZY Visual pada acara RupaFest DKV ITS 2023. Untuk memahaminya lebih dalam, kamu juga bisa menyimak materi tersebut di official channel YouTube LZY.



Kemudian, kalau kamu ingin menghadirkan pengalaman visual yang spektakuler melalui video mapping, nggak ada salahnya buat konsultasi lebih lanjut dengan tim LZY Visual. Apapun idemu, konsultasikan semuanya dan tim LZY Visual siap membantu merealisasikan konsepmu.


Dengan pengetahuan mendalam tentang motion graphic dan deretan prestasi mengesankan yang telah dicapai, LZY Visual telah dipercaya oleh berbagai perusahaan untuk mendukung event marketing yang menarik dengan menyediakan layanan video mapping terbaik untuk berbagai jenis acara.


Jadi, tunggu apa lagi? Ayo, buat acara semakin meriah dan mengesankan dengan menghubungi LZY Visual melalui WhatsApp atau Instagram @lzyvisual sekarang juga. We design with light and technology!


Referensi


14 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Comments


bottom of page