top of page

4 Hal yang Perlu Diperhatikan dalam Pembuatan Video Mapping


Video mapping adalah inovasi terbaru dalam menghadirkan konten visual secara memukau untuk membuat sajian konten marketing yang unik. Kamu bisa melihat hasil dari video mapping melalui gambar-gambar yang diproyeksikan di banguan atau media tertentu. Pasalnya, beberapa video mapping memungkinkan penontonnya untuk berinteraksi, lho.


Yuk, simak lebih lanjut tentang apa itu video mapping, cara kerja, hingga manfaatnya dalam artikel berikut ini.


Bagaimana Projection Mapping Membantu Kita dalam Berinteraksi dengan Objek Sekitar?


Video mapping adalah suatu seni visual yang memanfaatkan proyeksi dari proyektor yang mans proyeksinya nanti akan menghasilkan ilusi optik. Bahkan, kini video mapping tidak hanya sekadar seni visual tetapi sudah bisa masuk dalam industri apa pun.


Dahulu kita hanya bisa menggambar di kertas dan mengimajinasikan gambar tersebut bisa bergerak atau jalan. Namun kini, kamu bisa merealisasikan imajinasi tersebut dengan adanya projection mapping. Bahkan tidak hanya di ruangan kecil saja, video mapping juga bisa diimplementasikan dalam gedung yang besar.



The Mysterious Egg in Romania

Apa yang membuat video mapping lebih keren lagi? Salah satu aspek unik dari video mapping adalah kemampuannya dalam membuat efek visual yang sangat realistis, penonton bisa melihat suatu peristiwa yang benar-benar terjadi di depan mereka.


Cara kerja video mapping tidak hanya sampai di situ, video mapping juga dapat diintegrasikan dengan musik sehingga bisa memberikan pengalaman lebih kuat dan memuaskan. Pasalnya, musik dapat menciptakan efek dramatis dan nuansa emosional yang mendalam pada suatu proyeksi.


Tahapan dalam Membuat Video Mapping


Tahap-tahap yang perlu dilewati dalam pembuatan video mapping adalah sebagai berikut.


1. Cek Lokasi

Pembuatan video mapping dimulai dengan penyusunan konten. Namun sebelum itu, penting untuk melakukan cek lokasi terlebih dahulu. Jika hanya melalui foto atau gambar, hasil analisisnya tidak akan maksimal. Misalnya, jika lokasi tersebut dikelilingi oleh banyak lampu, bisa jadi proyektornya justru kalah. Kemudian, perlu dilihat juga sejauh mana intensitas proyektor dalam menyorot gedung tersebut.


2. Membuat Konten

Dalam membuat konten, perlu dilakukan riset mengenai hal-hal apa saja yang akan ditonjolkan dalam konten tersebut. Pasalnya, jika durasi video mapping terlalu panjang, maka akan membosankan. Jadi, usahakan untuk menonjolkan hal penting saja namun tetap mempresentasikan maksud sebenarnya dari konten tersebut.


3. Pembuatan Maket

Pembuatan maket diperlukan untuk memastikan bahwa konten yang sudah dibuat cocok atau tidak dalam gedung yang akan diproyeksikan. Dengan begitu, kamu bisa tahu mana yang perlu diperbaiki atau dikurangi agar hasilnya nanti optimal.


Setelah melewati proses panjang tersebut, pada akhirnya gedung bisa bercerita tentang sejarah maupun hal lain yang ditampilkan melalui video mapping. Seru bukan jika bangunan itu sendiri bisa mencerita sendiri sejarahnya?


Hal yang Perlu Diperhatikan dalam Pembuatan Video Mapping


Terdapat empat hal utama yang perlu diperhatikan dalam pembuatan video mapping, di antaranya sebagai berikut:

  1. Proyektor, sebagai mesin utama yang mengeluarkan cahaya dan memantulkannya pada gedung.

  2. Suasana sekitar gedung harus gelap atau hanya ada sedikit bias cahaya.

  3. Ide, sebagai bahan bakar utama dalam pembuatan video mapping.

  4. Fasad objek, disarankan fasad yang solid dan berwarna putih agar bisa memantulkan cahaya proyektor secara maksimal.


Buat Video Mapping Terbaik untuk Event Kamu!

Kamu ingin membuat video mapping untuk promosikan acaramu atau membuat acaramu makin meriah? Tidak perlu bingung terkait dengan instalasi dan pembuatan desainnya, kamu bisa langsung mengkonsultasikan dengan tim LZY Visual!


Melalui berbagai karya mengesankan yang sudah dihasilkan, LZY telah dipercaya oleh berbagai perusahaan untuk mendukung event marketing yang menarik untuk memberikan jasa video mapping terbaik untuk berbagai acara. Kini, giliran kamu untuk membuat pengalaman berharga bagi pengunjung event melalui instalasi video mapping bersama LZY Visual.


So, tunggu apa lagi? Yuk, wujudkan pengalaman mengesankan di acara kamu dengan menghubungi LZY melalui Whatsapp atau Instagram @lzyvisual sekarang juga. We design with light and technology!


24 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua
bottom of page