top of page

Video Mapping: Seni Visual dengan Cahaya

Pernahkah kalian melihat gedung yang tiba-tiba bercahaya kemudian mengeluarkan gambar yang menghipnotis mata? Atau mungkin apakah kalian pernah datang ke sebuah pameran seni di mana ada ruangan yang dindingnya menampilkan visual dan membuat kita ingin berswafoto? Benar, itu adalah Video Mapping.


Video Mapping atau Projection Mapping merupakan teknik seni visual yang melibatkan cahaya dari teknologi proyektor. Cahaya tersebut dipantulkan pada bidang-bidang video mapping seperti dinding, kain, bangunan hingga makhluk hidup seperti manusia dan tumbuhan. Teknik ini juga mengombinasikan konten visual dalam bentuk animasi atau motion graphics sehingga menghasilkan pengalaman imersif. Bidang-bidang yang terlihat polos akan menjadi lebih interaktif seakan-akan bergerak sehingga menimbulkan ilusi optik yang dapat menghipnotis mata kita ketika menikmatinya.


Untuk mendapatkan hasil video mapping hingga menimbulkan ilusi optik bisa dibilang cukup rumit. Banyak faktor-faktor yang diperlukan untuk mencapai hasil yang memukau pengunjung. Tedi Mursalat Farqo, founder LZY Visual menyampaikan faktor-faktor yang diperlukan untuk mendapatkan hasil video mapping yang optimal antara lain:

  1. Faktor konsep Video Mapping seperti pesan yang ingin disampaikan dan visualisasi apa yang perlu ditampilkan.

  2. Hardware atau perangkat keras yang optimal seperti cahaya proyeksi yang dihasilkan projector cukup terang untuk dinikmati dan juga komputer yang mumpuni untuk mengoperasikannya.

  3. Cara memetakan cahaya dan visual pada bidang fasad yang diinginkan dengan bantuan perangkat lunak (Software) yang memudahkan.

  4. Terakhir, fasad atau bidang yang memiliki keunikan tersendiri. Umumnya fasad yang memiliki lapisan atau ketebalan yang berbeda-beda dapat memunculkan hasil yang tak diduga sehingga dapat memukau penonton. Namun pada kenyataannya pengaplikasian bidang fasad video mapping cukup fleksibel.

“Hasil karya video mapping yang imersif, menakjubkan dan memukau penonton memerlukan konsep yang matang, hardware yang mumpuni, software pemetaan yang memudahkan dan juga bidang yang unik.” - Tedi Mursalat Farqo

Video mapping ini akan terus berkembang dan menghadirkan peluang tak terbatas dalam dunia seni, hiburan, pendidikan, marketing dan banyak lagi. Masa depannya tentu akan dipengaruhi oleh inovasi perkembangan teknologi dan imajinasi serta kreativitas senimannya, sehingga kita dapat dengan optimis menantikan bagaimana seni ini akan terus mengubah cara pandang kita terhadap dunia seni visual. Video mapping adalah bukti nyata bahwa seni dan teknologi dapat berkumpul dalam harmoni, menciptakan pengalaman yang tak terlupakan bagi kita semua.

39 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Comments


bottom of page