top of page

Dome Video Mapping Seni Proyeksi Visual Berkelas yang Memukau

Dome video mapping adalah teknik proyeksi visual yang memanfaatkan permukaan berbentuk kubah (dome) sebagai media proyeksinya. Teknik ini berbeda dengan video mapping pada permukaan datar seperti dinding atau layar, karena melibatkan proyeksi pada bidang melengkung yang memerlukan perhitungan dan penyesuaian khusus agar visual yang dihasilkan terlihat proporsional dan menakjubkan. 

Keunikan dome video mapping sendiri terletak pada kemampuan menciptakan immersive experience yang mendalam, seolah-olah penonton berada di dalam dunia virtual yang ditampilkan. Meskipun begitu, proses produksi dome video mapping jauh lebih kompleks dibandingkan dengan video mapping pada media datar.

​​Tantangan pembuatan dome video mapping tidak hanya pada teknis proyeksi, tetapi juga pada pengaturan konten visual agar sesuai dengan kurva kubah. Proyeksi pada permukaan melengkung ini memerlukan penyesuaian khusus pada sudut dan jarak proyektor, serta pemetaan yang presisi agar gambar tidak terdistorsi.

Salah satu kesulitan utama dalam dome video mapping adalah penyesuaian proyeksi agar tetap terlihat natural dari berbagai sudut pandang. Oleh karenanya, pembuatan dome video mapping membutuhkan perangkat lunak dan perangkat keras khusus yang mampu mengakomodasi proyeksi pada bidang yang tidak rata. 

Selain itu, pencahayaan dan warna juga harus disesuaikan dengan cermat agar gambar yang dihasilkan tetap tajam dan terlihat hidup di seluruh permukaan kubah. Kombinasi antara teknologi canggih dan seni visual ini membuat dome video mapping menjadi salah satu bentuk ekspresi kreatif yang paling menantang dan menarik dalam dunia multimedia.

Orang sedang berdiri sambil melihat visual video mapping dome dan dinding
Indonesia Pavilion di Word Water Forum 2024 Bali

​​Dome Video Mapping untuk Acara

Dome video mapping dapat digunakan dalam berbagai jenis acara untuk menciptakan pengalaman visual yang memukau dan immersif. Misalnya, dalam pameran seni (art exhibition), dome video mapping dapat digunakan untuk menampilkan karya seni digital dengan cara yang unik dan interaktif. Pengunjung dapat merasakan seolah-olah berada di dalam karya seni tersebut, yang tentu saja meningkatkan daya tarik dan kesan yang mendalam.

Selain itu, dome video mapping juga sangat cocok digunakan dalam acara perusahaan atau korporat. Dalam acara kantor seperti peluncuran produk, pertemuan tahunan, atau konferensi, dome video mapping dapat digunakan untuk memperkuat pesan yang ingin disampaikan dengan visual yang spektakuler. Penggunaan teknologi ini tidak hanya akan menarik perhatian audiens, tetapi juga memberikan kesan yang profesional dan inovatif pada acara tersebut.

Sebagai contoh, LZY telah berhasil mengimplementasikan dome video mapping untuk Indonesia Pavilion di World Water International 2024. Dalam acara ini, LZY menciptakan sebuah pengalaman visual yang menampilkan strategi manajemen sumber daya air Indonesia untuk ibu kota baru Nusantara (IKN). 

Proyeksi ini memberikan gambaran yang jelas dan memukau tentang konsep pembangunan dan infrastruktur air di IKN, yang ditampilkan secara detail dan artistik pada permukaan kubah. Hasil karya ini tidak hanya mendapatkan pujian dari para peserta acara tetapi juga berhasil mengkomunikasikan pesan yang kompleks dengan cara yang mudah dipahami dan menarik.


Hadirkan Dome Video Mapping di Event Kamu bersama LZY!


Bagaimana, menghadirkan dome video mapping bisa jadi salah satu pilihan terbaik untuk membuat acaramu menjadi lebih memukau, bukan? Dengan proyeksi visual yang menakjubkan dan imersif, dome video mapping akan memberikan pengalaman yang luar biasa bagi setiap pengunjung dan tamu undangan yang hadir. 

Jangan khawatir, LZY Visual siap membantumu menciptakan proyeksi dome video mapping yang menakjubkan dan tak terlupakan. Apapun jenis acaramu, mulai dari pameran seni, acara perusahaan, hingga peluncuran produk, tim LZY siap bekerja sama untuk merancang dan mengimplementasikan dome video mapping yang sesuai dengan tema dan kebutuhan. 

Segera hubungi tim kami melalui WhatsApp atau kunjungi akun Instagram kami di @lzyvisual untuk melihat portofolio dan mendapatkan konsultasi lebih lanjut. Bersama LZY Visual, jadikan acaramu lebih berkesan dan memukau dengan dome video mapping yang inovatif dan menawan!

5 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Comments


bottom of page