top of page

Karya LZY di Pameran Water Art Installation Kementerian PUPR

Diperbarui: 6 Des 2023


Bulan Desember 2023, Tim LZY mengawali bulan dengan sebuah kolaborasi bersama Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Indonesia menggelar Pameran Water Art Installation di Kompleks Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta Pusat.


Tim LZY Visual bersama penyelenggara di Pameran Water Art Installation
Tim LZY Visual bersama penyelenggara di Pameran Water Art Installation

Tidak hanya bertujuan untuk memeriahkan acara peringatan HUT Bakti PU saja, pameran ini juga mengangkat berbagai isu dan inovasi yang mengajak masyarakat agar lebih sadar tentang isu air. Kesempatan kali ini tim LZY berhasil mendukung event tersebut dengan menghadirkan immersive art interactive video mapping dengan tema yang bervariasi. Yuk intip keseruannya pada artikel berikut!



Water Art Installation 10th World Water Forum


Pameran Water Art Installation merupakan salah satu rangkaian gelaran menyambut puncak Hari Bakti PU ke-78 tahun 2023 yang diselenggarakan selama empat hari, sejak tanggal 1-4 Desember 2023 di Kompleks GBK. Pameran kali ini dikonsep lebih menarik dan inovatif karena dikolaborasikan menggunakan teknologi video mapping.


Misi yang diangkat pada Water Art Installation adalah untuk mengenalkan isu-isu air yang banyak terjadi saat ini, local wisdom, hingga menampilkan berbagai inovasi pengelolaan air dengan teknologi yang ada di Indonesia.


Sejalan dengan tekad LZY dalam mendukung event-event yang mendorong kesadaran masyarakat melalui video mapping, tim kami berhasil menciptakan karya-karya indah melalui teknologi immersive yang terbagi ke dalam 5 cluster dengan tema yang berbeda-beda.


Cluster

Keseluruhan cluster pada teknologi immersive Water Art Installation oleh PUPR didesain dan dibuat oleh tim LZY. Kami ingin memberikan kesan dan pesan yang berbeda-beda di tiap cluster dengan cara unik. Kamu bisa berfoto-foto sambil melihat video mapping yang ditampilkan di setiap cluster.


Cluster 1: Draw your Hope

Pengunjung akan disambut oleh nuansa hutan tropis yang eksotis dengan berbagai jenis flora fauna. Di dalamnya terdapat instalasi immersive video mapping dan sebuah monitor di bagian tengah yang bisa digunakan oleh pengunjung untuk menuliskan harapannya untuk alam.


Antusiasme pengunjung mencoba fitur fitur interaktif di cluster 1


Kemudian pengunjung juga diajak berkreasi menghias kupu-kupu di monitor yang sama. Kupu-kupu yang telah dihias tersebut akan terbang menuju layar video mapping dan tampil pada immersive area cluster Draw your Hope.


Cluster 2: Need your Action

Berbeda dengan cluster pertama, di cluster kedua kamu akan melihat video mapping yang menunjukkan gambaran kondisi kekeringan air, lingkungan yang rusak, dan tercemar karena ulah manusia. Cluster ini tim LZY desain dengan nuansa yang menggambarkan situasi saat ini, dengan harapan bisa memberikan pesan kepada pengunjung agar mulai sadar dengan lingkungan sekitar, salah satunya dengan tidak membuang sampah sembarangan. Karena dari ulah manusia ini sendiri yang akan merusak alam sekitar dan merugikan kehidupan manusia di masa depan.


visualisasi cluster 2 yang menampilkan kerusakan alam karena ulah manusia
Visualisasi Cluster 2

Cluster 3 & 4: Water Management Technology in Indonesia


Lanjut di cluster ketiga dan keempat, kamu akan diajak untuk melihat berbagai hasil teknologi dan inovasi pengelolaan sumber daya air yang ada di Indonesia sampai saat ini. Beberapa contoh yang kita tampilkan yaitu tentang bagaimana pengelolaan air baku, irigasi, rawa, sungai, pantai, dan peran publik dalam proses pengelolaan air dalam desain video mapping.




Cluster 5: 10th WWF Promotion Area

Terakhir, kamu akan melihat informasi mengenai 10th World Water Forum yang akan diselenggarakan di Bali pada tahun 2024 mendatang. Indonesia berhasil menjadi tuan rumah setelah mendapatkan 30 suara dari 36 total suara, loh. Tim LZY turut bangga dapat berkontribusi menampilkan video mapping tersebut dalam rangkaian immersive interactive kali ini.


Harga Tiket

Untuk bisa berkunjung ke Pameran Water Art Installation, kamu bisa langsung mengunjungi Kompleks Gelora Bung Karno, ya. Pameran ini terbuka gratis untuk umum mulai pukul 09.00 hingga 19.00 WIB.


Anak-anak antusias bermain video mapping pantai
Anak-anak ikut antusias menikmati atraksi video mapping

Tanpa harus mengeluarkan biaya, kamu bisa menyaksikan berbagai video mapping yang edukatif dan pastinya menarik untuk digunakan area foto-foto. Desain yang beragam dan pesan mendalam yang ingin disampaikan sangat menarik untuk dikunjungi bersama rekan dan kerabat dari segala umur.


LZY bangga telah memberikan hasil terbaik di event kali ini bersama Kementerian PUPR. Harapannya akan semakin banyak lagi event yang bisa kami dukung untuk mengedukasi lebih banyak kalangan masyarakat. Jika kamu membutuhkan instalasi immersive video mapping untuk memeriahkan acaramu, hubungi tim kami melalui WhatsApp serta cek portofolio LZY lainnya!



46 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua
bottom of page