top of page

Cara Kerja Video Mapping Menghipnotis Mata Penonton

Diperbarui: 12 Jul 2023

Pernahkah menyaksikan pertunjukan video mapping yang begitu menakjubkan? Teknik proyeksi 3D ini mampu menciptakan pengalaman sinematik yang spektakuler dan menghipnotis mata penonton. Pada artikel kali ini, LZY akan membahas lebih lanjut mengenai cara kerja video mapping yang begitu kompleks dan mengagumkan. Yuk, simak selengkapnya!


Sekilas tentang Video Mapping

Video mapping atau projection mapping adalah teknik proyeksi yang mengubah permukaan 3D menjadi media visual yang menakjubkan. Teknik ini menciptakan pengalaman sinematik yang spektakuler dengan menggunakan proyektor yang mampu memproyeksikan gambar pada permukaan 3D yang kompleks. Projection mapping bukan hanya sekedar proyeksi gambar, namun juga merupakan seni yang menggabungkan desain grafis, teknologi, dan musik. Seluruh elemen tersebut digabungkan untuk menciptakan karya yang unik dan menghipnotis mata penonton.


Cara Kerja Video Mapping

Pertama-tama, seorang seniman atau desainer grafis menciptakan animasi 3D yang akan diproyeksikan pada permukaan yang diinginkan. Animasi ini kemudian diintegrasikan dengan sistem proyeksi dan disesuaikan dengan karakteristik fisik dari objek yang akan diproyeksikan. Setelah itu, proyektor dan perangkat lunak khusus akan diatur untuk menciptakan proyeksi yang akurat dan sesuai dengan bentuk objek.

Teknik projection mapping biasanya digunakan untuk memproyeksikan gambar pada bangunan atau struktur yang kompleks seperti gedung, kubah, atau monumen. Dengan teknik ini, gambar dapat diproyeksikan pada sebuah gedung maupun permukaan alami seperti air terjun dan gedung dengan ukiran dan detail yang rumit akan menciptakan efek visual yang spektakuler.




Salah satu aspek menarik dari video mapping adalah kemampuannya untuk menciptakan pengalaman sinematik yang menghipnotis penonton. Misalnya, dengan metode ini, seorang seniman dapat menciptakan ilusi bahwa sebuah gedung sedang berubah-ubah, meleleh, atau bahkan mengalami ledakan. Berhubung efek visual yang ditampilkan sangat realistis dan akurat, penonton seolah-olah sedang melihat sesuatu yang benar-benar terjadi di depan mereka. Sama halnya dengan peran video mapping dalam seni pertunjukan yang sebelumnya sudah diulas dalam artikel komunitas kami di sini.


Selain itu, projection mapping juga dapat diintegrasikan dengan musik un tuk menciptakan pengalaman yang lebih kuat dan memuaskan. Musik dapat digunakan untuk menciptakan efek dramatis atau untuk memberikan nuansa emosional yang mendalam pada proyeksi. Ini juga menciptakan sinergi antara penglihatan dan pendengaran, yang akan meningkatkan kekuatan pengalaman sinematik yang dihasilkan.



Dampaknya untuk Menarik Engagement

Dengan kemampuannya menciptakan pengalaman yang spektakuler, maka tidak heran jika teknik ini semakin banyak digunakan dalam berbagai acara, seperti konser, pameran seni, atau acara perayaan. Teknik ini sangat direkomendasikan untuk mempromosikan event maupun brand seperti yang telah kami ulas dalam artikel keuntungan video mapping untuk marketing sebelumnya.


Maka dari itu, sudah saatnya untuk mencoba teknik video mapping dalam promosi acara. Di sini, LZY Visual adalah pilihan yang tepat untuk Anda. Kami siap mendukung berbagai acara perusahaan Anda secara end-to-end yang mencakup immersive installation, building projection, We Light You, maupun event support kapanpun dan dimanapun. Hubungi kami melalui WhatsApp.

28 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Comments


bottom of page