top of page

Mengenal Jenis-Jenis Projector untuk Video Mapping

Diperbarui: 17 Nov 2023


Secara umum, ada banyak jenis projector yang tersedia di pasaran, dengan berbagai kualitas, harga, dan fitur yang beragam. Namun, projector untuk video mapping tidak bisa dipilih secara sembarangan. Selain memahami cara menentukan jarak dan jumlah projector untuk video mapping, kamu juga memerlukan spesifikasi projector yang mumpuni agar bisa memberikan pengalaman visual luar biasa kepada para penonton.


Lantas, jenis projector seperti apa yang cocok digunakan untuk video mapping? Yuk, simak penjelasan selengkapnya di sini.


Jenis-Jenis Projector untuk Video Mapping


Dari berbagai tipe projector yang ditawarkan di pasaran, ada beberapa jenis projector yang umum digunakan untuk video mapping. Berikut masing-masing penjelasannya.


1. LCD Projector


LCD Projector
LCD Projector

LCD (Liquid Crystal Display) projector adalah jenis projector yang memanfaatkan panel cair kristal untuk menyorotkan gambar. LCD projector cocok sebagai pilihan proyektor untuk video mapping karena mampu memberikan kecerahan gambar yang tinggi, serta reproduksi warna secara akurat. Jika dibandingkan dengan DLP projector, jenis proyektor ini diketahui menawarkan harga lebih terjangkau.


2. DLP Projector


What to Look for in a DLP Projector. Image Source: ViewSonic Library
What to Look for in a DLP Projector. Image Source: ViewSonic Library

Proyektor DLP (Digital Light Processing) adalah jenis proyektor yang menggunakan teknologi cahaya digital yang mampu menghasilkan gambar tajam dengan kontras tinggi. Tidak sampai di situ, proyektor ini juga menawarkan keunggulan lain, yaitu memiliki respons kecepatan yang baik, sehingga cocok untuk gambar animasi yang kompleks atau proyeksi visual dengan pergerakan cepat.


3. 4K Projector


3LCD Laser Projector with 4K Enhancement
3LCD Laser Projector with 4K Enhancement

Proyektor 4K adalah alat proyeksi yang memiliki kemampuan untuk menampilkan gambar dengan resolusi setinggi 4K, yang merujuk pada resolusi sekitar 3840 x 2160 pixel pada dimensi horizontal. Ini berarti proyektor tersebut dapat menampilkan gambar dengan detail yang sangat tinggi, yang menghasilkan pengalaman visual yang lebih jelas dan tajam.


Proyektor 4K umumnya digunakan untuk gambar yang membutuhkan ketajaman dan kejernihan gambar yang tinggi, sehingga cocok untuk video mapping. Keunggulan proyektor 4K adalah mereka dapat menyajikan gambar dengan resolusi ultra tinggi, yang memastikan reproduksi warna yang akurat dan detail yang luar biasa.


4. Laser Projector


Laser Projector  System Illustrated by Digitalis Education Solutions
Laser Projector System Illustrated by Digitalis Education Solutions

Seperti namanya, laser projector menggunakan teknologi laser sebagai sumber cahayanya. Proyektor laser sering digunakan dalam berbagai proyek video mapping skala besar. Pasalnya, teknologi ini dapat memberikan rentang warna yang luas, kecerahan tinggi, serta hasil gambar yang jelas meski dalam lingkungan atau tempat dengan pencahayaan terang. Selain itu, proyektor ini tidak perlu melakukan penggantian lampu.


Meskipun begitu, seleksi proyektor harus dilakukan dengan hati-hati, terutama jika niatnya adalah untuk keperluan video mapping. Penting untuk memastikan pilihan jatuh pada proyektor yang memiliki kualitas dan ketahanan yang optimal. Selain itu, pastikan bahwa proyektor tersebut disertai dengan garansi resmi dan proses klaim yang mudah.


Itulah informasi seputar jenis-jenis projector untuk video mapping yang penting untuk dipahami. Dari penjelasan di atas, dapat diketahui bahwa pembuatan video mapping bukan hanya memerlukan ide luar biasa, namun juga hardware yang menunjang.


Nah, jika kamu memerlukan bantuan untuk mewujudkan proyek video mapping yang memanjakan mata, langsung saja hubungi LZY Visual! Dengan pengalaman dan keahlian dalam dunia video mapping, LZY Visual siap membantumu merealisasikan ide-ide kreatif menjadi visual yang memukau.


Jadi, jangan biarkan ide-idemu selama ini hanya berada dalam bayangan semata. Hubungi tim LZY Visual melalui WhatsApp sekarang juga dan hadirkan proyek video mapping yang luar biasa dan tak terlupakan. We design with light and technology!



55 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Comments


bottom of page