top of page

4 Software untuk Membuat Video Mapping Terbaik, Ini Daftarnya!


Video mapping adalah teknik mengagumkan yang memungkinkan kita untuk mengubah objek fisik menjadi layar tampilan interaktif yang luar biasa. Namun, di balik keajaiban visual tersebut, ada serangkaian software untuk membuat video mapping yang diperlukan untuk menciptakan karya seni yang mengesankan.


Hal ini tak mengherankan mengingat video mapping merupakan teknik yang memungkinkan kita untuk mengubah objek tiga dimensi, seperti bangunan, panggung, atau benda lainnya, menjadi layar visual yang menakjubkan.

Nah, untuk mengetahui apa saja software untuk video mapping yang diperlukan, simak terus artikel berikut hingga akhir, ya!


Software untuk Membuat Video Mapping


Ada beberapa software untuk membuat video mapping yang kerap digunakan oleh para profesional dalam industri ini. Beberapa di antaranya adalah:


1. Resolume



Resolume adalah software video mapping serbaguna yang memungkinkan pengguna untuk menggabungkan video langsung, efek visual, dan banyak fitur kreatif lainnya. Resolume sering digunakan dalam berbagai acara live, pertunjukan, dan festival.


2. MadMapper



MadMapper adalah alat pemetaan video dan software untuk video mapping yang memungkinkan pengguna untuk memetakan proyeksi pada berbagai permukaan dengan mudah.


MadMapper termasuk salah satu software untuk membuat video mapping yang kompatibel dengan berbagai perangkat keras, termasuk proyektor dan perangkat MIDI.


3. Dataton Watchout



Dataton Watchout adalah software untuk membuat video mapping yang digunakan untuk menciptakan tampilan multimedia yang mengesankan dengan sinkronisasi sempurna. Dataton Watchout sering digunakan dalam produksi teater, pertunjukan, dan pameran.


4. HeavyM



HeavyM adalah software untuk video mapping yang memungkinkan pengguna untuk membuat video mapping dengan mudah. Tak hanya itu, HeavyM juga menyediakan alat-alat sederhana untuk menciptakan efek visual yang menarik sehingga cocok untuk pemula.


Alat-alat yang Dibutuhkan untuk Membuat Video Mapping


Selain sejumlah software yang telah disebutkan di atas, secara keseluruhan, pembuatan video mapping juga membutuhkan beberapa alat, seperti:


1. PC/Laptop

Salah satu alat utama yang pasti dibutuhkan untuk menciptakan video mapping adalah komputer atau laptop. Dengan menggunakan perangkat keras ini, kamu dapat menginstal dan menjalankan software untuk membuat video mapping.

Tak hanya itu, kamu juga dapat menggunakan PC atau laptop untuk mengatur proyek, mengimpor konten, mengatur tampilan, dan mengontrol semua aspek video mapping.


Nah, mengingat fungsi vitalnya, pastikan untuk memilih PC/laptop dengan spesifikasi mumpuni yang dapat menjalankan software untuk video mapping dengan lancar, ya.


2. Software untuk Membuat Video Mapping

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, pemilihan software untuk video mapping adalah langkah penting yang tidak boleh dilewatkan. Pasalnya, software memungkinkanmu untuk mengatur proyeksi, mengatur tampilan, dan menghasilkan efek visual yang menakjubkan.


Perlu diingat, setiap software memiliki fitur dan kemampuan yang berbeda. Oleh karenanya, pilihlah software yang paling sesuai dengan kebutuhan proyek.


3. Proyektor


Perbedaan projector untuk screen biasa dengan projector untuk mapping gedung
Perbedaan projector untuk screen biasa dengan projector untuk mapping gedung

Proyektor adalah perangkat keras yang digunakan untuk menghasilkan output visual proyek video mapping. Sebagai catatan, pemilihan proyektor harus didasarkan pada kebutuhan spesifik proyek. Nah, secara umum, ada empat kategori proyektor yang perlu kamu ketahui, yaitu:

  • Pico/Pocket: Proyektor dengan tingkat kecerahan sekitar 10–500 lumen dan resolusi yang lebih rendah (640x480). Proyektor ini cocok untuk proyek kecil dengan permukaan objek yang tidak terlalu besar.

  • Portable: Proyektor dengan kecerahan 500–3000 lumen dan resolusi yang lebih tinggi (1024x768 - 1080p). Proyektor ini ideal untuk proyek di dalam ruangan dengan permukaan objek yang lebih besar.

  • Home/Theater: Proyektor dengan kecerahan 3000–5000 lumen dan resolusi tinggi (1024x768 - 1080p). Proyektor ini cocok untuk proyek-proyek di dalam ruangan yang memerlukan kualitas gambar yang tinggi.

  • Large Venue: Proyektor dengan kecerahan 5000–000000 lumen dan resolusi hingga 4K. Proyektor ini biasanya diperlukan untuk proyek-proyek di ruang terbuka atau auditorium besar.


4. Facade Mapping


Sebagai elemen kunci dalam video mapping, kamu juga perlu mempertimbangkan permukaan objek yang akan digunakan sebagai layar, yaitu facade.


Facade mapping ini dapat meliputi permukaan datar dan sederhana, seperti objek putih polos, atau bahkan permukaan objek yang lebih kompleks seperti bangunan, panggung, objek di dalam ruangan, atau bahkan beberapa objek yang tumpang tindih.


Dalam menentukan permukaan objek atau facade, pertimbangkan tingkat reflektivitas permukaan, bentuk, dan juga pencahayaan sekitar yang mungkin dapat memengaruhi proyeksi video mapping.


Demikian penjelasan seputar software untuk membuat video mapping lengkap dengan beberapa alat pendukung yang dibutuhkan. Dari penjelasan di atas, dapat diketahui bahwa pembuatan video mapping bukan hanya memerlukan ide luar biasa, namun juga sejumlah perangkat keras maupun lunak yang menunjang.

Nah, jika tertarik untuk menciptakan proyek video mapping yang mengesankan, tetapi merasa butuh bantuan lebih lanjut, jangan ragu untuk menghubungi LZY Visual! Dengan pengalaman dan keahlian dalam dunia video mapping, LZY Visual siap membantumu untuk mengubah ide-ide kreatif menjadi kenyataan visual yang memukau.


Jadi, jangan biarkan ide-idemu selama ini hanya berada dalam bayangan semata. Hubungi tim LZY Visual melalui WhatsApp sekarang juga dan hadirkan proyek video mapping yang luar biasa dan tak terlupakan. We design with light and technology!


Referensi



33 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Comentarios


bottom of page