top of page

Panduan Memilih Spesifikasi PC atau Laptop untuk Video Mapping

Diperbarui: 12 Jul 2023

Ketersediaan berbagai hardware dengan spesifikasi yang beragam seringkali membuat kita bingung saat mau memilih hardware yang cocok untuk video mapping. Pada blog ini, LZY akan menguraikan spesifikasi PC / laptop yang direkomendasikan untuk video mapping.


Perlu ditekankan bahwa spesifikasi PC atau laptop yang kami rekomendasikan dalam pembahasan ini khusus untuk keperluan teknis video mapping, bukan untuk produksi konten audiovisual. Kedua aspek tersebut memiliki kebutuhan yang berbeda.


Sebelum kami memberikan rekomendasi, kami akan menggunakan software Resolume Arena sebagai acuan dalam menjalankan video mapping. Resolume Arena dipilih karena memiliki spesifikasi dasar yang sangat direkomendasikan dibandingkan dengan software lainnya.



Spesifikasi minimum untuk menjalankan Resolume Arena adalah Windows 7, RAM 4GB, kartu grafis dengan memori minimal 2MB, dan kecepatan prosesor minimal 2,0 Ghz. Namun, untuk memperoleh performa optimal, kami merekomendasikan menggunakan Windows 10/OSX Mojave, prosesor i7 dengan kecepatan 2,6 Ghz, RAM 16GB, SSD, dan kartu grafis dengan memori 8GB. Meskipun spesifikasinya tergolong tinggi, sebagian besar proyek video mapping dapat berjalan lancar dengan spesifikasi yang direkomendasikan.


Resolusi konten audiovisual


Setiap kali kita membuat video mapping, penting untuk mengetahui konten yang akan dibuat dan diproyeksikan. Misalnya, jika kita ingin memproyeksikan konten dengan animasi 4K pada sebuah gedung, maka kita dapat mengacu pada spesifikasi yang direkomendasikan oleh Resolume untuk mencapai hasil terbaik. Spesifikasi tersebut meliputi prosesor i7, kartu grafis dengan memori 8GB, RAM 16GB, dan SSD.


Namun, jika konten yang akan diputar memiliki resolusi yang lebih rendah, seperti Full HD (1080p), maka rekomendasi spesifikasinya dapat sedikit diturunkan. Dalam hal ini, PC atau laptop dengan prosesor i5, kartu grafis dengan memori 2/4GB, RAM 8GB, dan SSD sudah cukup memadai.


Selain itu, ada beberapa hal lain di bawah ini yang perlu diperhatikan untuk memilih spesifikasi hardware yang sesuai tanpa mengorbankan kualitas tampilan video mapping.


Jumlah konten

Saat mengembangkan video mapping, seringkali kita perlu memutar beberapa konten sekaligus, bahkan dalam jumlah yang banyak. Terutama jika konten yang dimainkan memiliki resolusi di atas 4K, sangat penting untuk menggunakan PC dengan spesifikasi hardware yang memadai, seperti prosesor yang kuat, RAM yang besar, dan menggunakan SSD.


Sebagai contoh, spesifikasi yang direkomendasikan mencakup penggunaan prosesor dengan kecepatan dasar di atas 3,8 GHz, RAM di atas 16GB, dan kartu grafis dengan memori 8GB atau lebih.


Dengan menggunakan spesifikasi hardware yang tepat, kita dapat memastikan kinerja optimal saat memutar banyak konten secara bersamaan, terutama jika resolusi konten tersebut sangat tinggi.


Jumlah display output

Proses pemasangan projector oleh tim LZY

Informasi mengenai jumlah output display umumnya didapatkan setelah mengetahui jumlah proyektor yang digunakan dan menghitung total resolusi dari masing-masing proyektor tersebut. Hal ini memungkinkan kita untuk mengetahui beban yang akan ditangani oleh VGA Card pada PC/Laptop sebagai perangkat keras yang bertugas mendistribusikan output.


Sebagai contoh, jika kita menggunakan 3 proyektor dengan resolusi 1024×768 piksel dan 1 monitor dengan resolusi 1920×1080 piksel, maka total resolusi yang perlu ditangani adalah 1024×768 dikalikan dengan 3, ditambah dengan 1920×1080, yang menghasilkan resolusi total sebesar 4990×3384 piksel. Oleh karena itu, spesifikasi hardware VGA Card yang disarankan adalah RTX 3060 Ti dengan kemampuan output hingga 8K.


Dengan menggunakan VGA Card yang sesuai dengan beban resolusi output, kita dapat memastikan bahwa perangkat keras tersebut dapat menangani tugas distribusi output dengan efektif dan menghasilkan tampilan yang optimal pada proyektor dan monitor yang digunakan.


Durasi video mapping

Lamanya durasi juga memiliki dampak signifikan dalam menentukan spesifikasi PC/Laptop yang akan digunakan untuk video mapping. Sebagai contoh, PC yang digunakan untuk acara yang berlangsung beberapa jam saja akan berbeda dengan PC yang digunakan untuk instalasi yang beroperasi selama 10 jam setiap harinya. Biasanya, dalam kebutuhan acara, seringkali digunakan laptop dengan spesifikasi yang direkomendasikan oleh Resolume karena portabilitasnya.


Sementara itu, PC untuk instalasi khusus harus mempertimbangkan penggunaan komponen dengan kualitas konstruksi yang kuat dan tahan lama, serta memperhatikan aliran udara agar tidak terjadi penurunan performa yang dapat mempengaruhi proyeksi video mapping.


Pentingnya memilih spesifikasi PC / Laptop yang tepat

Dalam hal ini, kehandalan dan kemampuan pemeliharaan sistem menjadi faktor utama yang diperhitungkan, terutama untuk instalasi jangka panjang. Dengan memilih spesifikasi yang sesuai, baik dalam hal portabilitas untuk acara maupun keandalan untuk instalasi, kita dapat memastikan kinerja yang optimal dan kelancaran proyeksi video mapping tanpa terganggu oleh masalah teknis yang mungkin muncul.


Dengan mengikuti perkembangan teknologi, kita dapat memastikan bahwa perangkat lunak dan perangkat keras yang digunakan tetap relevan dan mendukung tuntutan video mapping yang semakin kompleks. Oleh karena itu, penting untuk tetap mengikuti perkembangan industri ini agar kita dapat memanfaatkan fitur-fitur terbaru dan memaksimalkan hasil dari proyek video mapping yang kita kerjakan.


450 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Kommentare


bottom of page